Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini (APE) - ape paud - Buku Induk Siswa SD Terbaru 2024 - Buku Administrasi SD 2024 - BUKU PAUD 2024

Breaking

Jumat, 01 November 2024

Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini (APE)

Produsen Alat Permainan Edukatif APE PAUD TK

 

1.      PUZZLE

Puzzle adalah salah satu jenis mainan edukatif anak. Puzzle yang dipakai adalah puzzle yang sederhana, gambarnya belum terlalu rumit dan cocok untuk anak prasekolah sampai umur 8 tahun. Puzzle ini suatu bentuk permainan beregu yang menugasi pemain untuk menggabungkan atau merangkai kembali potongan-potongan kertas berbangun tak beraturan sehingga menjadi suatu bangun atau bentuk tertentu seperti bujur sangkar, empat persegi panjang, trapesium, jajaran genjang, lingkaran, dan segi tiga.
Tujuan dari permainan diharapkan mengandung aspek moral dan inteleknya. Pemainnya adalah anak usia dini, atau prasekolah yang baru belajar mengenal bangun dan bentuk. Alat pada permainan ini adalah kertas berbangun tertentu, misalnya bujur sangkar, kemudian dipotong menjadi beberapa bagian dan beragam bentuknya.
asaka toys,alat permainan edukatif,alat peraga edukatif,alat peraga edukatif paud,alat peraga edukatif anak tk,alat peraga edukatif anak paud,alat peraga paud,produksi alat peraga paud tk,alat peraga edukatif anak,alat peraga edukatif tk,toko alat peraga edukatif,grosir alat peraga edukatif,pabrik alat peraga edukatif,produksi alat peraga edukatif,alat peraga edukatif anak usia dini,alat peraga edukasi,katalog alat peraga edukatif paud tk


Sebelum permainan dimulai guru menjelaskan terlebih dahulu macam-macam bentuk sederhana dan bangun. Guru memimpin permainan dan menjelaskan bahwa dalam permainan ini diperlukan kerjasama dan kebersamaan. Guru juga memberi contoh kerjasama dalam kehidupan nyata, misalnya kerja bakti membersihkan halaman rumah, membangun jalan dan lain sebagainya. Guru juga memberi contoh macam-macam benda yang mirip dengan bentuk bangun tersebut yang bisa ditemui dalam kehiupan sehari-hari. Setelah itu guru menjelaskan ciri-ciri dari bangun yang akan dimainkan tersebut, misalkan jumlah sisinya, bentuk sudutnya. guru mengumumkan bahwa anak-anak akan diajak bersama-sama memainkan permainan membentuk bangun/bentuk itu; kemudian pemimpin permainan mempersiapkan tempat dan alatnya dengan sedapat mungkin melibatkan anak-anak.

Selanjutnya guru pemimpin permainan merekrut pemain. Jumlah pemain adalah sama dengan jumlah kepingan kertas yang tersedia dalam satu set alat permainan. Pemain kemudian diminta berdiri mengelilingi meja tempat permainan. Anak-anak yang lain diminta menonton jalannya permainan. Kemudian guru menjelaskan bahwa potongan-potongan kertas itu bisa dibentuk kembali apabila disusun menjadi satu.

Guru pemimpin permainan harus pula menjelaskan bahwa kerja sama juga diperlukan dalam pekerjaan-pekerjaan lainnya (pemimpin permainan harus menunjukkan contohnya yang dapat dilihat oleh anak-anak dalam lingkungan masing-masing, misalnya membuat rumah, membersihkan got/ sungai, menata rumah, dan menjaga rumah atau menjaga keamanan kampung.
Saat memulai permainan, guru membagikan kepingan-kepingan kertas permainan kepada pemain. Satu orang pemain mendapatkan satu kepingan. Kepada pemain dijelaskan bahwa mereka bertugas menata kembali kepingan kertas itu sehingga menjadi bangun/bentuk tertentu (misalnya empat persegi panjang). Aturan main juga dijelaskan, yakni: (a) Para pemain tidak boleh saling berbicara dengan sesama pemain; (b) Para pemain tidak boleh meminta kepingan kertas kepada pemain lain; (c) Para pemain tidak boleh memberi kode, isyarat dan petunjuk lainnya kepada pemain lain; (d) Para pemain boleh memberikan kepingan kertas pegangannya kepada pemain lain yang membutuhkan untuk menyelesaikan bangun/bentuk tersebut (tetapi sama sekali tidak boleh meminta.



Kemudian guru mengajak anak-anak untuk membahas jalannya permainan Yang perlu dibahas terutama adalah: (a) apakah para pemain dan anak-anak lainnya telah benar-benar mengenal bangun yang dimainkan itu? (b) apakah “rahasia” kelancaran atau kelambatan para pemain dalam membentuk bangun yang dikehendaki? (c) apakah ada hambatan dalam kerja sama para pemain, misalnya apakah ada yang cenderung mendekte, “tidak sabaran”, “suka ngambek” dan sebagainya? (d) perlunya kerja sama dan perlunya pengendalian diri dalam kerja sama. Dengan prosedur yang serupa, bentuk permainan ini dapat dikembangkan sehingga dapat dimainkan untuk memperkenalkan warna, binatang, tanaman, dan bilangan.

Perlakuan setelah permainan ini hendaknya lebih dipentingkan daripada Permainan Puzzle sebagai salah satu bentuk permainan edukatif itu sendiri. Tanpa perlakuan setelah permainan, maka maksud dan tujuan permainan edukatif yakni untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kerjasama siswa tidak akan pernah tercapai, sehingga permainan itu lebih dari permainan pelipur lara belaka.
2.       BUILDING BLOCK
Building Block dapat dibuat dari kayu ataupun plastik. Biasanya permainan ini membangun rumah, istana, ada jembatan dan banyak pilihan bangunan lainnya. Pada prinsipnya permainan ini ialah membangun atau mendirikan suatu bangunan. Anak dibagi dalam beberapa kelompok, misalnya 5 orang. Kemudian tiap kelompok diberi potongan-potongan bangunan yang nantinya akan dibangun. Sebelumnya guru menjelaskan aturan permainannya. Tidak ada siswa yang boleh bertukar atau mencari potongan lain pada kelompok lain. Jadi dari potongan yang diberikan guru harus dibangun semua.
Nilai yang diambil dari permainan ini adalah kecepatan, kebersamaan dan yang paling penting adalah kerjasama anak dalam membangun. Sebernarnya kecepatan tidak terlalu diutamakan, tetapi untuk memotivasi anak hal itu harus disampaikan. Setelah dibagi dalam kelompok, guru memimpin permainan. Guru hanya memberi arahan dan motivasi dari permainan itu. Setelah selesai guru menilai kecepatan, dan kerjasama sari masing-masing kelompok. Setelah itu guru memberi evaluasi bahwa dari permainan tadi banyak nilai-nilai yang di dapatkan. Misalnya kerjasama, guru menjelaskan bahwa dalam hal apapun jika dikerjakan bersama-sama akan lebih ringan dan cepat selesai. Guru juga menjelasskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari sangat diperlukan kerjasama, baik di sekolah, di rumah, atau di masyarakat.
alat peraga edukatif,alat peraga edukasi,alat peraga edukatif tk paud,alat peraga paud,alat peraga edukatif paud,alat peraga edukatif anak paud,produsen alat peraga edukatif,alat peraga edukatif anak tk,alat peraga edukasi paud,alat permainan edukatif,alat peraga edukatif tk,alat ajar kreatif,lomba alat peraga edukatif paud,paud,katalog alat peraga edukatif paud tk,mainan kayu katalog alat peraga edukatif paud tk,alat peraga tk,alat peraga
Untuk pemesanan atau informasi silahkan hubungi alamat kontak kami :
CV.ASAKA PRIMA | DUTA MEDIA GROUP.
PERCETAKAN & DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN.
Jl.Maulana Hasanudin No.52 Cipondoh - Kota Tangerang
021 5570 1397
087782527700
081212368589
081774984389
081380537399
087889933309

#alatperagaedukatiftkpaud #alatperagaedukatif #alatperagaedukatifpaud #alatperagaedukatifanakpaud #alatperagaedukasi
#alatpermainanedukatif #alatperagaedukatif #alatperagaedukatiftk #alatperagaedukatifpaud #alatperagapaud
#alatperagaedukatif #alatperagaedukatiftkpaud #produsenalatperagaedukatif #alatpermainanedukatif #alatperaga
#produsenalatperagaedukatif #alatperagaedukatiftkpaud #mainanedukasi #alatperagaedukatif #alatperagaedukatifwaropen
#alatperagaedukatif #alatperagaedukatifpaud #alatperagaedukatifanakpaud #alatperagaedukatiftk #alatperagaedukatifanaktk
#alatpermainanedukatif #alatperagaedukatif #alatpermainanedukatif #caramainalatpermainanedukatif #mainanedukatif
#alatpermainanedukatif #alatperagaedukatif #alatperagaedukatifanakpaud #alatperagaedukatifanaktk #alatperagaedukasi #asakatoys #pabrikmainanedukatif #apepaud2025 #dakpaud #boppaud2025 #asakatoys #asakaprima #apetangerang #apecipondoh #apepaud #pabrikmainanedukatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar